Menimba Program Bimbel Dari Satpas SIM Daan Mogot | PID
Monday, April 21st, 2014

Menimba Program Bimbel Dari Satpas SIM Daan Mogot

Published on March 3, 2012 by   ·   No Comments

Menimba Program Bimbel Dari Satpas SIM Daan Mogot 02032012

 Foto : Kasi SIM Daan Mogot Kompol M Arsal Sahban, SH, SIK, MH, MM, saat membuka pembekalan mekanisme pembuatan SIM kepada 50 Perwira Polisi peserta didik Pusdik Lantas tersebut Selama tiga hari, dari 28 Februari hingga 1 Maret, di Satpas SIM Daan Mogot, (Satpas SIM PMJ).

—————————————————————————————————————————

Program Bimbingan Belajar Ujian Teori SIM yang diluncurkan Satuan Pelaksana Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot terbukti efektif untuk menghindari para calo. Alhasil, program binaan Dir Lantas PMJ Kombes Pol Drs Dwi Sigit Nurmantyas, SH, M Hum itu pun lantas dijadikan percontohan atau pilot project.

Pimpinan Polri melalui Korps Lalu Lintas memerintahkan seluruh Polda di Indonesia untuk mempelajari program bimbingan belajar ujian teori SIM yang dilaksanakan Satpas Daan Mogot itu. Atas atensi inilah para Perwira Polisi dari seluruh Indonesia yang tengah mengikuti Pendidikan dan Pengembangan Spesialisasi Lantas di Pusdik Lantas, Serpong, kemudian menimba ilmu program Bimbel Ujian Teori SIM ini dari Satpas Daan Mogot.

Selain menggelar Studi Banding untuk Program Bimbel, Satpas SIM Daan Mogot juga memberikan pembekalan mekanisme pembuatan SIM terhadap 50 Perwira Polisi peserta didik Pusdik Lantas tersebut Selama tiga hari, dari 28 Februari hingga 1 Maret, di Satpas SIM Daan Mogot.

Adapun materi pelatihan praktek pembuatan SIM yang diberikan meliputi persyaratan pendaftaran untuk memperoleh SIM, Mekanisme Ujian Simulator, Mekanisme Ujian Teori SIM, Prosedur Ujian dan Mekanisme Ujian Praktek SIM, serta Pendataan, Pengarsipan dan Pelaporan SIM.

Diutarakan Kasi SIM Daan Mogot Kompol M Arsal Sahban, SH, SIK, MH, MM, saat membuka pembekalan, latihan praktek ini diberikan demi mengembangkan kreatifitas untuk membangun inovasi dalam pelayanan publik yang lebih transparan dan akuntabel.

“Semua inovasi-inovasi yang ada di Satpas SIM Daan Mogot akan ditularkan secara detail kepada para peserta pelatihan, seperti program bimbingan belajar, komputerisasi ujian SIM, dan lain-lain,” ujar Arsal Sahban.

“Harapannya, para peserta tidak hanya mampu mempelajari inovasi-inovasi yang ada di sini, namun juga nantinya mampu mengembangkan kreatifitas untuk membangun inovasi dalam pelayanan publik yang lebih transparan dan akuntabel di wilayahnya masing-masing,” terangnya.

Adapun metode pelatihannya diberikan melalui lima sesi, yakni sesi observasi, praktek, tanya jawab, pengumpulan data, dan analisa atau evaluasi. Pada setiap sesinya digunakan sistem penilaian, sehingga materi yang diberikan benar-benar dipahami para peserta.

Di sisi lain, mendapat kesempatan menggali ilmu di Satpas SIM Daan Mogot, para peserta didik pun sangat antusias. Seperti diutarakan Kasat Lantas Sungai Hulu Utara Kalimantan Selatan AKP Yusriandi Yusrin, SIK, yang mengaku sangat bangga mendapat kesempatan untuk menggali berbagai inovasi di Satpas SIM Daan Mogot.

“Sejak dulu, Satpas SIM Daan Mogot telah menjadi percontohan untuk wilayah di seluruh Indonesia. Terlebih kini, beberapa inovasi di sini menjadi Pilot Project seperti program Bimbel. Untuk itu, kami menimba ilmu di sini,” ungkap Yusriandi disela-sela pelatihan.

“Satpas SIM Daan Mogot mempunyai sistem yang sangat rapi dan canggih serta lengkap. Sehingga, meskipun jumlah pemohon SIM luar biasa banyak, namun pelayanan prima tetap tercapai. Oleh karena itu, kami mempelajari semua inovasi yang ada di sini dan akan kami aplikasikan ke wilayah kami masing-masing,” terangnya.

(Danar/TMC).

Readers Comments (0)




Gambar hari ini

Baca Berita Lainnya

IMAGE OF THE DAY

HOTNEWS